Home » Helpie FAQ

Helpie FAQ

A. Super5

  • 1. Apakah Super5?

    Super5 adalah program pengembangan anak usia dini holistik, yang dirancang untuk mendukung gereja/mitra dalam memuridkan anak dan keluarganya. Super5 dikembangkan berbasis teknologi digital dan didukung dengan media kreatif sehingga pembelajaran anak usia dini dapat dilaksanakan dengan lebih mudah dan menyenangkan.

  • 2. Apa visi Super5?

     Visi Super5 menolong gereja lokal dalam memuridkan anak usia dini sekaligus menjangkau keluarga mereka untuk menjadi ladang subur bagi tumbuhnya iman dan karakter Kristus, serta berkembangnya berbagai aspek perkembangan anak sesuai dengan tahapannya.

  • 3. Apa misi Super5?

    1. Mengimplementasikan Kurikulum Nasional untuk Pendidikan Anak Usia Dini secara holistik, integratif, dan kontekstual, berbasis nilai-nilai karakter Kristus, didukung dengan penggunaan media kreatif dan teknologi digital.
    2. Mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru PAUD secara terstruktur melalui media online maupun offline.
    3. Mengembangkan pembelajaran berbasis inkuiri, saintifik, dan memanfaatkan alat permainan edukatif lokal untuk menstimulasi kemampuan anak berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan inovatif.
    4. Mengembangkan LMS agar mudah dipergunakan oleh PAUD dalam mengelola administrasi sekolah, melakukan penilaian, memonitor tumbuh kembang anak, dan mengunduh berbagai materi pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.

  • 4. Mengapa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) penting?

    Anak-anak usia dini berada pada masa puncak perkembangan seluruh potensi yang  dibutuhkan dalam kehidupan mereka. Perkembangan otak juga mencapai puncaknya, di mana setiap detik akan tumbuh 600 - 700 sambungan baru. Itulah sebabnya usia dini disebut sebagai usia emas. Penelitian membuktikan bahwa pengasuhan positif dan stimulasi yang tepat diberikan pada 7 tahun pertama dalam kehidupan anak dapat meningkatkan kualitas kesehatan, pertumbuhan yang maksimal, serta menjadi landasan kuat bagi perkembangan iman dan karakter Kristus yang menentukan keberhasilan di masa depannya. Namun, faktanya, 62% anak usia PAUD di Indonesia belum mendapatkan kesempatan terdaftar di fasilitas PAUD. (www.bps.go.id) Itulah mengapa Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting untuk dilakukan.

  • 5. Apa yang unik dari program Super5?

    Lima keunikan program Super5 adalah sebagai berikut.

    1. Memudahkan - kini jauh lebih mudah untuk setiap gereja berperan membuka layanan PAUD di komunitasnya melalui fasilitas ruangan yang sudah ada, dan dengan guru/pendamping lokal yang akan dilatih CBN.
    2. Kurikulum holistik - Super5 menyediakan modul-modul kegiatan pembelajaran kreatif dan menyenangkan sesuai dengan standar Kurikulum Nasional, dengan memperhatikan seluruh aspek kehidupan anak, yaitu moral-spiritual, fisik-motorik, sosial emosional, kognitif, bahasa, dan seni.
    3. Media kreatif dan mengasyikan - Media kreatif Super5 dirancang menjadi penolong dan pelengkap bagi guru dalam mengajar.  Aneka ragam video cerita boneka, aktifitas dan penjelajahan SUPER  membuka dunia bagi setiap anak.
    4. Pelatihan guru terencana - Di PAUD Super5, setiap guru wajib mengikuti program pelatihan guru berjenjang agar dapat menjadi guru terbaik dan terus bertumbuh dalam panggilannya.
    5. Pelatihan Orangtua - Super5 mengutamakan keluarga sebagai tempat bagi setiap anak bertumbuh berkembang dengan maksimal, oleh karena itu, pelatihan orangtua murid secara holistik menjadi salah satu pelayanan utama.

  • 6. Siapa yang Super5 layani?

    Super5 melayani setiap gereja yang mau bermitra dengan Super5 dalam mendirikan PAUD untuk memuridkan anak usia dini dan menjangkau keluarganya. Super5 juga bermitra dengan PAUD yang sudah berdiri, namun melalui proses seleksi yang dilakukan oleh CBN Indonesia.

  • 7. Bagaimana Super5 melayani mitra?

    Super5 melayani mitra dengan cara sebagai berikut.

    1. Menyediakan Kurikulum Super5 yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi digital dan media kreatif sehingga mudah digunakan dan mendukung proses belajar mengajar yang menyenangkan.
    2. Menyediakan pelatihan bagi guru PAUD secara terstruktur, baik melalui media online maupun offline.
    3. Mengembangkan Learning Management System untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam pelayanan pendidikan anak usia dini.