Frequently Asked Questions

A. Super5

  • 1. Apakah Super5?

    Super5 adalah program pengembangan anak usia dini holistik, yang dirancang untuk mendukung gereja/mitra dalam memuridkan anak dan keluarganya. Super5 dikembangkan berbasis teknologi digital dan didukung dengan media kreatif sehingga pembelajaran anak usia dini dapat dilaksanakan dengan lebih mudah dan menyenangkan.

  • 2. Apa visi Super5?

     Visi Super5 menolong gereja lokal dalam memuridkan anak usia dini sekaligus menjangkau keluarga mereka untuk menjadi ladang subur bagi tumbuhnya iman dan karakter Kristus, serta berkembangnya berbagai aspek perkembangan anak sesuai dengan tahapannya.

  • 3. Apa misi Super5?

    1. Mengimplementasikan Kurikulum Nasional untuk Pendidikan Anak Usia Dini secara holistik, integratif, dan kontekstual, berbasis nilai-nilai karakter Kristus, didukung dengan penggunaan media kreatif dan teknologi digital.
    2. Mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru PAUD secara terstruktur melalui media online maupun offline.
    3. Mengembangkan pembelajaran berbasis inkuiri, saintifik, dan memanfaatkan alat permainan edukatif lokal untuk menstimulasi kemampuan anak berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan inovatif.
    4. Mengembangkan LMS agar mudah dipergunakan oleh PAUD dalam mengelola administrasi sekolah, melakukan penilaian, memonitor tumbuh kembang anak, dan mengunduh berbagai materi pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.

  • 4. Mengapa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) penting?

    Anak-anak usia dini berada pada masa puncak perkembangan seluruh potensi yang  dibutuhkan dalam kehidupan mereka. Perkembangan otak juga mencapai puncaknya, di mana setiap detik akan tumbuh 600 - 700 sambungan baru. Itulah sebabnya usia dini disebut sebagai usia emas. Penelitian membuktikan bahwa pengasuhan positif dan stimulasi yang tepat diberikan pada 7 tahun pertama dalam kehidupan anak dapat meningkatkan kualitas kesehatan, pertumbuhan yang maksimal, serta menjadi landasan kuat bagi perkembangan iman dan karakter Kristus yang menentukan keberhasilan di masa depannya. Namun, faktanya, 62% anak usia PAUD di Indonesia belum mendapatkan kesempatan terdaftar di fasilitas PAUD. (www.bps.go.id) Itulah mengapa Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting untuk dilakukan.

  • 5. Apa yang unik dari program Super5?

    Lima keunikan program Super5 adalah sebagai berikut.

    1. Memudahkan - kini jauh lebih mudah untuk setiap gereja berperan membuka layanan PAUD di komunitasnya melalui fasilitas ruangan yang sudah ada, dan dengan guru/pendamping lokal yang akan dilatih CBN.
    2. Kurikulum holistik - Super5 menyediakan modul-modul kegiatan pembelajaran kreatif dan menyenangkan sesuai dengan standar Kurikulum Nasional, dengan memperhatikan seluruh aspek kehidupan anak, yaitu moral-spiritual, fisik-motorik, sosial emosional, kognitif, bahasa, dan seni.
    3. Media kreatif dan mengasyikan - Media kreatif Super5 dirancang menjadi penolong dan pelengkap bagi guru dalam mengajar.  Aneka ragam video cerita boneka, aktifitas dan penjelajahan SUPER  membuka dunia bagi setiap anak.
    4. Pelatihan guru terencana - Di PAUD Super5, setiap guru wajib mengikuti program pelatihan guru berjenjang agar dapat menjadi guru terbaik dan terus bertumbuh dalam panggilannya.
    5. Pelatihan Orangtua - Super5 mengutamakan keluarga sebagai tempat bagi setiap anak bertumbuh berkembang dengan maksimal, oleh karena itu, pelatihan orangtua murid secara holistik menjadi salah satu pelayanan utama.

  • 6. Siapa yang Super5 layani?

    Super5 melayani setiap gereja yang mau bermitra dengan Super5 dalam mendirikan PAUD untuk memuridkan anak usia dini dan menjangkau keluarganya. Super5 juga bermitra dengan PAUD yang sudah berdiri, namun melalui proses seleksi yang dilakukan oleh CBN Indonesia.

  • 7. Bagaimana Super5 melayani mitra?

    Super5 melayani mitra dengan cara sebagai berikut.

    1. Menyediakan Kurikulum Super5 yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi digital dan media kreatif sehingga mudah digunakan dan mendukung proses belajar mengajar yang menyenangkan.
    2. Menyediakan pelatihan bagi guru PAUD secara terstruktur, baik melalui media online maupun offline.
    3. Mengembangkan Learning Management System untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam pelayanan pendidikan anak usia dini.
     

  • B. Seputar Kurikulum Super

  • 1, Apakah Kurikulum Super5 sesuai dengan Kurikulum Nasional?

    Kurikulum Super5 disusun berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini sehingga sesuai dengan Kurikulum Nasional. 

  • 2. Apa yang membedakan dari Kurikulum Super5 dengan kurikulum lain?

     5 Keunikan Kurikulum Super5:

    1. LMS: Kurikulum Super5 dikembangkan berdasarkan Kurikulum PAUD Nasional yang diintegrasikan dengan penumbuhan karakter Kristus, diperkaya dengan media kreatif dan dilakukan melalui platform digital (Learning Management System/ LMS)
    2. Holistik: Menstimulasi 6 aspek perkembangan anak yaitu: moral-spiritual, fisik-motorik, sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan seni,  yang diramu dalam berbagai aktivitas bermain kreatif.
    3. Metode STEAM: Mendorong pembelajaran yang berpusat pada anak, menggunakan pendekatan belajar saintifik dan berbasis inkuiri, dengan metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Math) dan memberdayakan alat permainan edukatif yang ada di lingkungan sekitar.
    4. Kontekstual: Aktivitas belajar dan bermain dikembangkan secara tematik dan terhubung dengan kehidupan sehari-hari anak (kontekstual). Pembelajaran juga menjadi lebih asyik dan menyenangkan didukung berbagai media kreatif berupa video-video: cerita super, aktivitas super dan penjelajahan super, serta musik dan lagu sesuai dengan tema.
    5. Evaluasi dan Monitoring Terpadu: Evaluasi dan pemantauan tumbuh kembang anak dilakukan secara digital melalui LMS.

  • 3. Apa saja komponen Kurikulum Super5?

    Kurikulum Super5 memuat beberapa komponen utama, yaitu:

    1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)
    2. Program Tahunan
    3. Program Semester
    4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
    5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
    6. RPPH (Modul Aktivitas Pembelajaran) dilengkapi dengan langkah-langkah detail pelaksanaan bermain dan belajar dalam 1 hari mulai dari kegiatan pembuka hingga kegiatan penutup.
    7. Evaluasi/ Pemantauan Perkembangan Anak

  • 4. Bagaimana cara mendapatkan Kurikulum Super5?

     Setelah melakukan kemitraan dengan CBN, sekolah dapat mengunduh kurikulum Super5 dan memutar ragam video pembelajaran melalui LMS.

  • C. Media Kreatif Super5

  • 1. Media kreatif apa saja yang terdapat dalam Super5?

    Untuk membuat bermain dan belajar lebih menyenangkan dan dapat menginspirasi guru dan anak, Super5 membuat beberapa jenis media, yaitu:

    1. Video Cerita Super: adalah video cerita yang diperankan oleh tokoh boneka Super5, akan ditayangkan sebagai bagian dalam kurikulum Super-5 setiap hari Senin di dalam LMS, sebagai pengantar subtema mingguan. Cerita dirancang menggabungkan karakter Kristen dan 6 aspek perkembangan anak.
    2. Video Aktivitas Super: adalah video aktivitas seperti eksperimen dan pembuatan aneka karya yang dikembangkan sesuai tema dan bertujuan memberikan inspirasi bagi guru dan anak anak mencipta berbagai karya kreatif dalam rangka memecahkan masalah.
    3. Video Penjelajah Super: adalah video kegiatan penjelajahan dan eksplorasi terhadap suatu topik tertentu secara lebih mendalam. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih rasa ingin tahu anak dan kemampuan untuk menemukan sesuatu di lingkungan sekitar.
    4. Musik dan Lagu: adalah aneka lagu edukatif sesuai dengan teman-tema pembelajaran.

  • 2. Siapa saja tokoh boneka Super5?

    A: Tokoh utama boneka Super5 adalah:

    • Beebot
    Beebot tampil menggemaskan sebagai ikon Super5! Robot lebah adalah sangat canggih, suka menolong dan penuh semangat belajar
    • Ari
    Makanan dan memasak adalah kesukaannya, jika besar nanti Ari ingin menjadi juru masak yang handal
    • Ira
    Menyanyi, menari, dan berkarya seni menjadi kegemaran Ira. Dia memiliki energi positif yang selalu ditularkan pada sobat Super5 lainnya
    • Roki
    Selalu kagum akan keanekaragaman hewan dan tumbuhan ciptaan Tuhan anak Papua ini tak sabar tumbuh dewasa untuk menjadi astronot dan menjelajah angkasa.
    • Meli
    Meli selalu siap memecahkan berbagai persoalan sobat Super5, dan saat besar nanti, ingin menjadi Presiden, demi mensejahterakan rakyat Indonesia

  • D. Seputar LMS

  • D. Apa itu LMS Super5?

    Learning Management System (LMS)adalah Manajemen Sistem Pembelajaran. Melalui sistem ini seluruh kurikulum, penilaian dan komunikasi dalam komunitas Super5 dapat diakses secara daring (online)

  • Mengapa LMS?

    LMS memiliki keunggulan

    1. Distribusi materi dalam jumlah besar secara instan
    2. Pembaruan konten dengan cepat
    3. Analisa data secara digital
    4. Pembaruan dan perbaikan fitur dapat dilakukan sesuai saran penggunaan
    5. Menjawab tantangan era digital untuk pembelajaran jarak jauh/secara daring
    6. Bisa diakses melalui telepon pintar atau komputer. 
    7. Materi bisa diunduh untuk dicetak

  • Apa manfaat dari Fitur Utama LMS?

    Manfaat Fitur Utama LMS adalah: 

    1. Setiap sekolah/gereja akan memiliki situs sekolah
    2. Sarana distribusi kurikulum
    3. Digitalisasi data sekolah
    4. Penilaian perkembangan anak secara digital dengan grafis pertumbuhan
    5. Memperkuat PAUD dengan materi panduan penyelenggaraan PAUD dan pelatihan   guru PAUD
    6. Komunikasi dari dari Sekolah ke guru dan orangtua
    7. Panduan orangtua dalam menerapkan PAUD di rumah

  • Apa yang dapat dilakukan sekolah melalui LMS?

    Sekolah akan mendapatkan: 

    1. Mengakses kurikulum Super5 (Program semester, RPPM,RPPH,Video dan lagu terkait pembelajaran)
    2. Memantau perkembangan dan pertumbuhan siswa secara daring(penilaian harian, penilaian hasil karya, catatan anekdot, tinggi dan berat badan anak, kehadiran anak)
    3. Mengakses berbagai materi pendukung(pelatihan guru, panduan LMS, kebijakan perlindungan anak, dan sebagainya)
    4. Mendaftarkan, mengubah, dan menghapus data anak dan orang tuanya
    5. Mendaftarkan, mengubah, dan menghapus data guru
    6. Mengirim pesan pada guru, siswa/orangtua
    7. Membuat kalender kegiatan sekolah
    8. Menugaskan materi pelajaran, anak murid, dan kelas pada guru secara daring
    9. Mengunggah berbagai materi ke website Super5 milik sekolah agar terlihat khalayak umum/penunjang website (profil guru, sekolah dan kegiatan sekolah)
    10. Mengunggah atau mengunduh formulir pendaftaran siswa baru

  • Melalui LMS apa yang dapat guru lakukan?

    :  Guru dapat:

    1. Mengakses kurikulum Super5 (Program semester, RPPM, RPPH, video, dan lagu terkait pelajaran)
    2. Memantau perkembangan dan pertumbuhan siswa secara daring (penilaian harian,  penilaian hasil karya, catatan anekdot, tinggi dan berat badan anak, kehadiran anak)
    3. Mengakses berbagai materi pendukung (pelatihan guru, panduan LMS, kebijakan perlindungan anak, dan sebagainya)
    4. Melihat, mengubah, dan menghapus data anak dan orangtuanya
     
    1. Q: Adakah media atau sarana yang disediakan oleh Super5 untuk orangtua murid yang 
         mau melihat perkembangan anak? A: Orangtua dapat mengakses perkembangan anak melalui LMS  
    1. Q: Dalam cara penggunaan media atau sarana, apakah memudahkan guru dan orangtua 
         murid?  A:  Sangat memudahkan karena semua hal dalam LMS dapat diakses melalui smartphone dan komputer.

  • Seputar Pelatihan

    1.  Siapa yang bisa ikut pelatihan?
    A:  Setiap guru dari PAUD yang sudah bermitra dengan Super5.  
    1. Q: Bagaimana sistem pelatihannya?
    A: Pelatihan dilakukan secara berjenjang tahap demi tahap. Setiap peserta harus menyelesaikan tahap sebelumnya sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.  
    1. Q: Bagaimana bila peserta tidak mengikuti pelatihan secara tepat waktu?
    A:  Peserta akan diberikan peringatan dan berimbas pada peninjauan kembali kerja sama kemitraan dengan Super5  
    1. Q: Apa saja materi pelatihan guru PAUD Super5?
    A:  Materi pokok dari pelatihan adalah hal-hal yang berkaitan dengan 4 kompetensi guru, yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Materi pengayaan akan diberikan setelah peserta memenuhi 4 kompetensi guru, antara lain tentang menjadi pelatih, memberikan parenting, dan lain-lain. Seluruh materi pelatihan diinternalisasikan dengan nilai-nilai dan karakter Kristus.  
    1. Q: Bagaimana cara mendapatkan materi pelatihan?
    A:  Materi pelatihan dapat diunduh di LMS setelah peserta menyelesaikan sesi pelatihan dan mendapatkan akses untuk mengunduh.  
    1. Q: Bagaimana cara mengikuti pelatihan?
    A:  PAUD Bapak/Ibu harus bermitra dengan Super5 terlebih dahulu.   
    1. Q: Bagaimana pelaksanaan pelatihan?
    A:  Pelatihan dilaksanakan secara online maupun offline.  
    1. Q: Apa keuntungan yang didapat dengan mengikuti pelatihan guru PAUD Super5?
    A: Keuntungan mengikuti pelatihan PAUD Super5: 
    1. Memiliki kemampuan menjadi guru PAUD yang handal. 
    2. Memiliki support system yang positif untuk mendukung kemajuan PAUD
    3. Mengembangkan diri sebagai fasilitator pelatihan guru dan parenting
    4. Dapat mengakses sumber bahan yang bermanfaat untuk mengembangkan diri dan PAUD
    5. Mendapatkan Sertifikat yang dapat digunakan sebagai salah satu bukti fisik akreditasi.

  • E. Seputar Pelatihan

  • 1. Siapa yang bisa ikut pelatihan?

     Setiap guru dari PAUD yang sudah bermitra dengan Super5.

  • 2. Bagaimana sistem pelatihannya?

     Pelatihan dilakukan secara berjenjang tahap demi tahap. Setiap peserta harus menyelesaikan tahap sebelumnya sebelum melangkah ke tahap selanjutnya.

  • 3. Bagaimana bila peserta tidak mengikuti pelatihan secara tepat waktu?

    Peserta akan diberikan peringatan dan berimbas pada peninjauan kembali kerja sama kemitraan dengan Super5

  • 4. Apa saja materi pelatihan guru PAUD Super5?

    Materi pokok dari pelatihan adalah hal-hal yang berkaitan dengan 4 kompetensi guru, yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Materi pengayaan akan diberikan setelah peserta memenuhi 4 kompetensi guru, antara lain tentang menjadi pelatih, memberikan parenting, dan lain-lain. Seluruh materi pelatihan diinternalisasikan dengan nilai-nilai dan karakter Kristus.

  • 5. Bagaimana cara mendapatkan materi pelatihan?

    Materi pelatihan dapat diunduh di LMS setelah peserta menyelesaikan sesi pelatihan dan mendapatkan akses untuk mengunduh.

  • 6. Bagaimana cara mengikuti pelatihan?

    PAUD Bapak/Ibu harus bermitra dengan Super5 terlebih dahulu. 

  • 7. Bagaimana pelaksanaan pelatihan?

     Pelatihan dilaksanakan secara online maupun offline.

  • 8. Apa keuntungan yang didapat dengan mengikuti pelatihan guru PAUD Super5?

    Keuntungan mengikuti pelatihan PAUD Super5: 

    1. Memiliki kemampuan menjadi guru PAUD yang handal. 
    2. Memiliki support system yang positif untuk mendukung kemajuan PAUD
    3. Mengembangkan diri sebagai fasilitator pelatihan guru dan parenting
    4. Dapat mengakses sumber bahan yang bermanfaat untuk mengembangkan diri dan PAUD
    5. Mendapatkan Sertifikat yang dapat digunakan sebagai salah satu bukti fisik akreditasi.

  • F. Daftar Istilah

  • 1. Apa itu Surat Keputusan (SK) Pendirian PAUD?

    1)  Pengertian Surat keputusan pendirian lembaga PAUD adalah surat keputusan yang diterbitkan oleh yayasan atau Gereja atau lembaga  yang menerangkan tentang pembentukan atau pendirian lembaga PAUD. 2)  Kewajiban Sebuah lembaga PAUD harus memiliki surat keputusan pendirian lembaga karena merupakan cikal bakal lembaga PAUD yang akan didirikan. Dalam sebuah surat keputusan pendirian PAUD biasanya disertakan struktur organisasi sebagai orang yang akan mengelola PAUD jika sudah ditetapkan SK pendirian PAUD 3) Cara Membuat Mudah saja bagi Gereja/Yayasan cukup pemimpin Gereja/Yayasan bertanda tangan tentang penetapan SK Pendirian PAUD dengan melampirkan struktur organisasi PAUD yang akan didirikan. 4) Contoh SK Pendirian PAUD (contoh terdapat di lampiran 1) Silakan klik:

  • 2. Apa itu Surat Izin Operasional?

    1) Pengertian Surat Izin Operasional PAUD adalah surat izin yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan tingkat kota/kabupaten yang menerangkan bahwa lembaga PAUD telah memiliki izin beroperasi untuk melakukan aktivitas kegiatan belajar mengajar PAUD. Dengan dikeluarkannya izin operasional, lembaga PAUD akan diakui dan didaftar oleh pemerintah sehingga jika ada bantuan dana untuk lembaga PAUD, lembaga tersebut dapat dengan mudah menerima bantuan karena persyaratan yang lengkap. 2) Cara Mendapatkan Surat Izin Operasional PAUD PAUD dapat  mengajukan surat permohonan izin operasional kepada Dinas Pendidikan tingkat kota/kabupaten yang dilengkapi dengan lampiran-lampiran sebagai berikut.

    1. Program Kerja PAUD jangka pendek (1 tahun) dan jangka panjang (5 tahun)
    2. Akte Pendirian Gereja/Yayasan
    3. Surat Keterangan Tanah (Sertifikat Tanah) 
    4. Denah Lokasi 
    5. Struktur Organisasi Yayasan 
    6. Struktur Organisasi PAUD 
    7. Keterangan Domisili dari Kelurahan setempat
    8. Laporan Bulanan tentang data kondisi jumlah guru dan murid
    9. Surat Pengangkatan Kepala PAUD 
    10. Data Guru dan Siswa 
    Proses pengurusan Izin Operasional akan dijelaskan lebih lanjut dalam bentuk training.   3) Contoh Surat Izin Operasional Silakan klik di sini:

  • Apa yang dimaksud Surat Keputusan Penetapan Hasil Akreditasi PAUD?

     1) Pengertian Akreditasi PAUD adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan program dan satuan PAUD berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan.pendidikan nonformal.    Untuk menilai kelayakan tersebut disusun instrumen akreditasi yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, yang mencakup 8 (delapan) standar, yaitu:

    1. Standar Kompetensi Lulusan, khusus PAUD, Standar Kompetensi Lulusan menggunakan istilah Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (TPP).
    2. Standar Isi,
    3. Standar Proses,
    4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
    5. Standar Sarana dan Prasarana,
    6. Standar Pengelolaan,
    7. Standar Pembiayaan dan
    8. Standar Penilaian Pendidikan.
      2) Cara Mengajukan Akreditasi PAUD mengajukan permohonan dengan melengkapi daftar isi dokumen akreditasi, terdiri dari:
    1. Surat Permohonan 
    2. Legalitas lembaga, terdiri dari :
    • Surat Keputusan Izin Operasional PAUD
    • Akte Pendirian Lembaga
    1. Lampiran persyaratan 8 Standar Nasional Pendidikan beserta bukti fisiknya.
    3) Contoh SK Penetapan Hasil Akreditasi PAUD     Silakan klik di sini:

  • G. Seputar Cara Bermitra Dengan Super5

  • 1. Bagaimana Gereja dapat dengan mudah merintis PAUD dan bermitra dengan Super5?

    Lima Langkah mudah merintis PAUD dan bermitra dengan Super5: 

    1. Putuskan bahwa gereja anda akan mengambil peranan dalam memuridkan anak usia dini dengan mendirikan PAUD dan kepengurusannya yang dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Pendirian PAUD.
        Contoh SK Pendirian PAUD klik di sini:
    1. Persiapkan tempat terbaik yang sudah ada di gereja untuk menjadi lokasi PAUD. 
    2. Persiapkan calon guru  yang punya hati melayani untuk dilatih oleh CBN, sehingga mereka dapat menyiapkan berbagai hal lain yang diperlukan. 
    3. Siapkan data calon peserta didik baru, usia 4-6 tahun, minimal 15 anak.
    Melakukan pendaftaran secara online di www.Super5.org, ikuti proses yang ada hingga penandatanganan MoU dengan CBN Indonesia

  • 2. Bagaimana PAUD yang sudah berjalan bermitra dengan PAUD SUPER5?

     Lima langkah mudah PAUD yang sudah berjalan bermitra dengan Super5  

    1. Putuskan bahwa PAUD Anda akan bermitra dengan Super5
    2. Unduh formulir aplikasi atau mendaftar secara online di www.Super5.org 
    3. Siapkan berkas persyaratan:
    •  Surat Keputusan (SK) Pendirian PAUD dari Gereja/Yayasan
    •  Surat Izin Operasional dari Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten setempat (bila sudah ada)
    •  Surat Keputusan Penetapan Hasil Akreditasi dari BAN (bila sudah ada).
    Contoh SK Pendirian, Surat Izin Operasional, dan Surat Keputusan Penetapan Hasil Akreditasi dari BAN PAUD klik di sini 
    • Data guru dan murid.
    1. Lakukan pendaftaran dan Ikuti proses seleksi sampai dengan penandatanganan MOU dengan CBN Indonesia.

  • 3. Bagaimana cara sederhana mendaftar di Super5 ?

    Lima langkah mudah mendaftar di Super5

    1. Pelajari  syarat dan ketentuan sesuai dengan PAUD Anda: PAUD rintisan atau PAUD yang sudah berjalan
    2. Persiapkan semua berkas persyaratan yang diminta sesuai dengan PAUD Anda
    3. Unduh formulir atau aplikasi pendaftaran yang sesuai dengan PAUD Anda, isi dengan lengkap, dan kirimkan ke email [email protected] atau mendaftar secara online
    4. Kirimkan semua berkas persyaratan sesuai dengan PAUD Anda ke email [email protected] 
    5. Tunggu konfirmasi dari Admin Super5 melalui email untuk tahapan selanjutnya